6 Cara Memilih Semangka yang Matang, Merah, dan Manis

Semangka, siapa yang tidak suka? setiap orang suka akan kesegaran semangka dan manisnya. Pada setiap orang sering kali tertipu oleh penjual semangka, karena tidak pandai memilih semangka yang matang, merah dan manis. Ketidaktahuan ini dimanfaatkan oleh penjual untuk dapat menjual semua semangka, meski semangkanya belum matang.

Jadi bagaimana cara mengetahuinya ? Atau bagaimana cara memilih semangka yang matang, merah dan manis? Berikut penulis akan berikan tips dan trik untuk memilih semangka yang matang, merah dan tentunya manis.


Tips dan Trik serta Cara Memilih Semangka yang Matang, Merah, dan Manis :

1. Lihat Ruas Bagian Atas
Pilihlah semangka yang pada bagian paling atas dan pada ruas garis yang mengelilingi kulit buahnya,nampak berwarna hijau ketuan.Hal ini sudah di pastikan semangka yang kita pilih daging buahnya akan berwarna merah.

2. Lihat Tangkainya


Cara berikutnya dapat pula memperhatikan pada bagian tangkainya,bilamana terlihat mengering.Kemudian saat di tarik dengan pelan mudah terlepas atau copot dari buahnya.Bila sudah demikian mencirikan buah semangka itu sudah sempurna kematangannya.

3. Lihat Bagian Bawah


Cara sederhana lainnya yang bisa di lakukan dengan melihat bagian paling bawah buahnya.Umumnya pada buah semangka pasti ada sebuah bundaran(lingkaran),semakin bentuk lingkaran itu berukuran kecil maka semakin bagus kualitas rasa yang di hasilkan.

4. Pilih Semangka yang Berat
Pilih semangka yang berat, ini menunjukkan kandungan air yang dikandung oleh semangka tersebut dan juga manandakan bahwa semangka tersebut manis.

5. Ketuk-ketuk Semangka
Ketuk-ketuk semangka dan dengarkan bunyinya, jika bunyinya seperti drum yang tidak nyaring menandakan bahwa semangka tersebut matang, apabila suaranya nyaring itu menandakan semangkanya masih muda.

6. Perhatikan Warnanya
Perhatikan warna kuning di sisi bawah semangka, itu menandakan semangka tersebut sudah matang, semakin lebar areanya semakin matang.  jika masih putih atau kehijau-hijauan artinya semangka masih muda
 
[http://orbitpedia.blogspot.com/2013/10/tips-dan-trik-serta-cara-memilih.html]


Demikianlah 6 Cara Memilih Semangka yang Matang, Merah, dan Manis Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

+ komentar + 1 komentar

Anonymous
September 15, 2016 at 9:01 AM

Semangka salah satu buah yang paling sering ditemukan di sekitar kita. Rasanya segar, vitaminnya bagus untuk kesehatan.
Tips nya bagus banget. Bisa langsung praktek nih :)
Terima kasih

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)