3 Cara Mudah Merawat Baterai Smartphone Li-ion






Kapasitas baterai Li-ion sebenarnya memang pasti berkurang dari waktu ke waktu begitu baterai selesai diproduksi. Jadi penurunan kapasitas adalah sebuah keniscayaan. Diperkirakan penurunan baterai ini mencapai 20% setahun sehingga sehingga baterai ini hanya bertahan untuk dua hingga tiga tahun, bahkan tanpa dipakai sekalipun. Jadi jangan terlalu pelit menggunakan baterai ini. Juga pastikan ketika membeli baterai baru, pastikan baterai tersebut diproduksi dalam waktu dekat. Kalau sudah setahun di toko misalnya, tentu performanya sudah tidak optimal. Meski demikian ada hal-hal lain yang membuat kapasitas baterai Li-Ion semakin cepat menurun kapasitasnya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar baterai Li-Ion yang terdapat di smartphone, laptop, powerbank Anda lebih awet.

  1. Overheat atau Panas yang berlebih ketika melakukan isi ulang atau saat digunakan adalah salah satu sebab kapasitas baterai berkurang lebih cepat. Akibatnya Anda akan lebih sering mengisi ulang gadget Anda dalam sehari. Oleh karena itu perhatikan suhu baterai saat mengisi perangkat. Hal lain yang bisa menyebabkan overheat adalah memainkan perangkat sembari mengisi baterai. Apalagi jika digunakan dengan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.
  2. Jangan membiarkan perangkat berbaterai Li-Ion berada di lingkungan yang panas, sebab itu bisa merusak sirkuit dan meningkatkan resiko hubungan pendek.
  3. Sebaiknya menghindari baterai Li-Ion sampai benar-benar habis. Sebab tak punya memory effect, Anda aman melakukan charging sekaligus baterai belum benar-benar habis. Sebaliknya, jika voltase Li=-Ion cell ada di bawah standar, justru akan merusak baterai.
[kaskus]


Demikianlah 3 Cara Mudah Merawat Baterai Smartphone Li-ion Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)