Rahasia Daging Ikan Cepat Matang Ketika Dimasak

Kamu penggemar ikan? Jika kamu perhatikan, ikan adalah salah satu bahan makanan hewani yang cepat matang. Ya, ikan hanya perlu dimasak beberapa menit saja untuk dapat mematangkan keseluruhan dagingnya. Bahkan beberapa jenis masakan ikan menggunakan daging ikan yang masih mentah dan dimakan begitu saja. Kenapa bisa begitu ya? Padahal daging lain seperti daging ayam atau sapi butuh waktu cukup lama untuk mematangkannya?

Susunan otot ikan memang beda dengan susunan otot daging hewan darat pada umumnya. Ikan membutuhkan otot yang dapat membantunya bergerak dengan gesit di dalam air. Untuk itulah, otot ikan tersusun atas serat yang lebih tipis dan pendek dibandingkan serat pada otot hewan darat. Akibatnya, otot dalam daging ikan akan lebih mudah diurai, baik secara kimiawi (misalnya saat dimasak) atau secara mekanis (dikunyah atau dipotong).


Inilah mengapa daging ikan dapat disantap meskipun dalam keadaan mentah. Bandingkan jika daging sapi yang disantap dalam keadaan mentah, pasti mulut dan gigi kita kita harus bersusah payah untuk mengunyahnya. Selain itu, ikan juga hampir tidak mempunyai jaringan ikat seperti tulang rawan, tendon, dan sebagainya.

Ikan tidak memerlukan jaringan ikat yang bagi hewan darat sangat penting untuk menopang dan mengikatkan tubuh ke tulang-tulang mereka. Tentu saja ikan tidak butuh jaringan tersebut, mengingat tubuh ikan hampir seluruhnya merupakan otot (daging), dengan sedikit tulang di tengahnya. Pada hewan darat, jaringan ikat tersebut menyumbang cukup banyak protein yang saat dimasak berubah menjadi gelatin. Karena itulah, daging ikan tergolong lebih empuk dan kering setelah matang dibandingkan dengan daging hewan darat.

Ikan yang tergolong berdarah dingin ini juga mengandung lemak yang sedikit. Semua hal di atas mengakibatkan daging ikan sudah dapat matang hanya dalam beberapa menit saja, tergantung pada ketebalan daging ikan yang kita masak.


Demikianlah Rahasia Daging Ikan Cepat Matang Ketika Dimasak Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)