4 Cara memilih Beras yang Baik dan Benar

Walaupun pada dasarnya semua beras tampak sama, yaitu berwarna putih dan berukuran kecil, namun ada berbagai macam jenis beras, mulai dari yang kualitasnya bagus hingga yang kulitasnya kurang bagus. Agar bisa menentukan mana beras yang bagus dan mana yang tidak, maka berikut adalah beberapa cara memilih beras yang benar.

1. Pilih yang berwarna putih dan agak bening
Beras yang warna putih dan agak bening, itu adalah salah satu ciri dari beras yang bagus. Hasilnya, saat dimasak menjadi nasi, maka nasinya akan terasa pulen dan legit. Maka dari itu, cara memilih beras yang pertama adalah lihatlah warna putihnya, kalau tidak bening malahan putih seutuhnya, itu berarti beras yang kurang bagus. Tetapi, hal ini berbeda dengan beras ketan, warnanya memang putih penuh.

2. Pilh beras yang bulirnya utuh
Beras yang bagus memiliki kekuatan dan ketahanan yang kuat, maka dari itu dari proses pemanenan, penggilingan, sampai ke tempat beras itu dijual, beras yang bagus ditandai dengan bentuk bulirnya yang masih utuh. Lain halnya dengan beras yang kurang bagus, itulah sebabnya Anda harus tahu cara memilih beras, salah satunya yaitu yang bentuk bulirnya masih utuh.

3. Pilihlah yang tidak meninggalkan serbuk putih terlalu banyak saat diremas
Cara memilih beras yang selanjutnya adalah dengan meremas beras tersebut dengan tangan. Jika setelah diremas, terdapat sisa serbuk putih yang sangat banyak di tangan, maka beras tersebut kurang bagus. Namun, jika serbuk putih yang ditinggalkannya hanya sedikit, maka itulah beras yang bagus.

4. Pilihlah yang tidak berbau apek
Beras yang bagus biasanya saat dicium oleh hidung akan tercium wangi dan tidak apek. Lain halnya dengan yang kurang bagus, wanginya tidak ada, apeknya banyak. Jadi mencium beras pun salah satu cara memilih beras yang mudah.

 


[http://www.agen-beras.com/]


Demikianlah 4 Cara memilih Beras yang Baik dan Benar Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)