5 Cara Mudah Memanfaatkan Matahari

Indonesia terletak di negara tropis. Sinar mataharinya berlimpah. Setujukah anda bahwa matahari bisa dimanfaatkan untuk go green. Begini caranya :

1. Tidak usah memakai pengering mesin cuci
Sinar matahari Indonesia berlimpah. Beberapa jam dijemur saja cukup untuk mengeringkan baju yang diperas dengan tangan. So, kenapa harus pakai pengering? Bukankah itu boros listrik? Gunakan pengering mesin cuci hanya saat terdesak.

2. Menanam tanaman dengan sinar matahari
Tahukah anda, kita harusnya bersyukur memiliki sinar matahari sepanjang tahun, sehingga bisa bercocok tanam sepanjang tahun. Namun sayangnya, Indonesia justru jadi pengimpor pangan dari negara-negara non tropis yang cuma memiliki matahari setengah tahun, pada musin semi dan panas.

3. Stop merebus air untuk mandi
Kenapa harus merebus air untuk mandi di malam hari? Indonesia bukan negara bermusim dingin. Bahkan Indonesia termasuk negara paling panas di dunia, bahkan pada saat hujan sekalipun. Terus bagaimana jika benar-benar tidak kuat mandi malam? Di sinilah diperlukan kecerdasan kita untuk go green. Jangan mandi malam, itu solusinya. Berlatihlah menjadi orang yang efisien terhadap penggunaan sumber daya. Lagipula, mandi malam akan memboroskan listrik untuk lampu.

4. Cahaya ruangan dengan matahari
Stop menyalakan lampu pada siang hari. Buka gorden jendela lebar-lebar. Cahaya kita berlimpah. Untuk apa memboroskan cahaya buatan dari lampu??

5. Sehat dengan matahari
KIta bisa hidup sehat dengan matahari, lho. Setiap pagi berjalan kaki ke sekolah, kampus, atau kantor, tentu akan mengehemat energi sekaligus menyehatkan karena terkena sinar matahari pagi.
Selain itu, cahaya matahari bisa digunakan untuk membunuh mikroba yang terdapat di karpet, bantal, guling, dan kasur. Jemur barang-barang anda secara berkala untuk membersihkan dari kuman.

Bijaklah dalam menggunakan energi. Jika sudah diberkahi energi yang melimpah, kenapa harus boros?



Kaskuser


Demikianlah 5 Cara Mudah Memanfaatkan Matahari Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)