Tips Mudah Memadamkan Kebakaran di Rumah






Kebakaran kecil kerap terjadi di rumah, bisa disebabkan puntung rokok, kompor atau tabung gas yang meledak, atau hubungan arus pendek listrik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memiliki tabung pemadam kebakaran (fire extinguisher) di rumah.


Tabung pemadam kebakaran amat beragam, mulai ukuran 1 kg hingga 30 kg. Penggunaan ukuran tabung tergantung luas ruangan dan potensi api yang mungkin terjadi.

Perawatan tabung pemadam api sangat mudah, tetapi hindari meletakkan tabung di lantai, karena tabung akan berkarat. Tempatkan tabung 1,5 meter di atas lantai di tempat yang mudah diakses.

Bila bahan pemadam dalam tabung habis, segera isi ulang. Periksa tabung setiap bulan, apakah siap digunakan atau tidak. Jika jarum penunjuk ada di posisi warna hijau, berarti tabung siap digunakan; bila menunjuk warna merah berarti bahan pemadam habis.

Cara menggunakan tabung pemadam biasa disingkat PASS: Pull (tarik pin pengaman tabung), Aim (arahkan selang ke sumber api), Squeeze (tekan alat penyemprot), dan Sweep (lakukan penyemprotan seperti menyapu).

Kiat Memadamkan Api

Ketidaktahuan cara memadamkan api, sering membuat api kecil menjadi besar dan menyebabkan kebakaran. Untuk itu ada beberapa langkah yang perlu diketahui:
1. Jangan panik. Sebisa mungkin tangani sendiri, jika terjadi kebakaran kecil. Jika beramai-ramai akan menimbulkan kepanikan.
2. Ambil tabung pemadam
3. Cari sumber api
4. Saat penyemprotan, cari jalan keluar agar terhindar dari api bila api tak padam dan menjadi besar
5. Jangan menyemprot bagian atas api, tetapi sumber api di bagian bawah. Lakukan penyemprotan sumber api seperti orang menyapu sambil maju pelan-pelan
6. Saat menyemprot api, bungkukkan badan sedikit. Posisi badan yang tegak sangat berbahaya jika api tak padam dan membesar
7. Penyemprotan butuh waktu maksimal 11 detik. Bila lebih lama dari itu dan api tak padam, sebaiknya segera cari bantuan

[rumah.com]


Demikianlah Tips Mudah Memadamkan Kebakaran di Rumah Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

+ komentar + 2 komentar

June 17, 2014 at 2:40 PM

@acc soleh Terima kasih kunjungannya :)

June 17, 2014 at 2:41 PM

@acc soleh Terima kasih kunjungannya :)

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)