Sepeda, Sebuah kendaraan yang
akhir-akhir ini menjadi eksis karena isu pemanasan global yang semakin
parah. Penggunaan sepeda semakin merebak dan menjadi tren diberbagai
tempat. Namun tidak termasuk kota saya :(. Disana masih banyak sekali
para pengguna sepeda motor, pengendara sepeda hanyalah kaum minoritas.
Semoga aja nantinya banyak yang sadar untuk menaiki sepesa ya. Termasuk
admin(lagi nabung dari blog buat beli sepeda :)
Nah, bagi pengendara ataupun bagi siapapun yang memiliki sepeda, saya rasa tips kali ini penting dan sebaiknya dibaca oleh mereka, karena seperti kendaraan lainnya, sepeda juga membutuhkan perawatan agar tetap kuat sehingga tahan lama. Tanpa memperpanjang muqaddimah, langsung saja berikut tips merawat sepeda.
Nah, bagi pengendara ataupun bagi siapapun yang memiliki sepeda, saya rasa tips kali ini penting dan sebaiknya dibaca oleh mereka, karena seperti kendaraan lainnya, sepeda juga membutuhkan perawatan agar tetap kuat sehingga tahan lama. Tanpa memperpanjang muqaddimah, langsung saja berikut tips merawat sepeda.
- Pertama, jika agan hendak mencuci sepeda
agan, Janganlah mencuci sepeda dengan air bertekanan tinggi. Sebenernya
nggapapa sih untuk beberapa bagian, tapi hindari BB dan Hubs, juga
kabel rem dan shifter yang ‘telanjang’.hindari BB dan Hubs, juga kabel
rem dan shifter yang ‘telanjang’.
- Jangan melumasi menggunakan WD-40 atau sejenis penetran lainnya.
Kenapa? Karena penetran tersebut meluruhkan dan mengencerkan
gemuk/grease di sepeda, walhasil benda-benda bergerak tersebut bisa aus
karena greasenya hilang.
- Lumasi secara berkala kabel-kabel rem dan shifter serta rantai. Rantai yang kering selain berisik, juga bisa mengikis gear.
- Periksa tekanan ban. Nah ini sering dilupakan, ban luar biasanya
ada keterangan mengenai tekanan minimum dan maksimum. Tekanan terlalu
rendah membuat berat digowes dan ban cenderung lebih mudah kempes
tertusuk benda ataupun kempes karena ban dalem terlipat.
- Periksa kelurusan rim/velg. Rim/velg yang peyang sehingga goyang
bisa menghambat putaran roda, terutama yang tidak menggunakan discbrake
karena velg/rim tadi menggerus kampas rem.
- Cek kekencangan baut as roda (quick release bagi yang menggunakan) .
Fatal nih bila roda lepas tiba2 ketika jalan!! Coba goyang kiri-kanan
roda, kencangkan bila longgar. Oiya roda oblak juga bisa akibat baut
pengencang bearing (cup & cone/pelor) longgar.
- Cek apakah kinerja peranti pemindah gigi (shifter, RD, FD) bagus.
Bahaya sih ngga, tapi kalo gigi loncat2 sangat mengganggu tuh.. setel
aja, bisa dibawa ke bengkel2 terdekat atau setel sendiri juga bisa.
- Semua part bergerak di sepeda hampir ada masa pakainya. Jangan ragu
untuk mengganti part2 tersebut bila sudah aus atau rusak. Safety first
ya.
- Atur jarak main rem. Terlalu ‘dalam’ bisa2 ngga ngerem kalo ada
motor motong jalan, terlalu ‘dangkal’ kampas rem riskan bergesek dengan
velg atau rotor (discbrake) dan mudah ngunci bila panic braking. Kalo
tuas rem anda memiliki fitur ‘reach adjuster’, atur tuas rem tersebut
berada pada buku jari kedua jari pengereman anda. Hal ini
mengoptimalkan kekuatan jari ketika mengerem.
- Karet handle grip sepeda wajib mencengkeram stang anda dengan kuat,
jangan sampai ketika gowes karet grip tersebut mudah lepas. Kalo lagi
ngerem mendadak karetnya copot bisa2 bibir dower tuh nyium aspal.
- Posisikan barang bawaan anda (ransel, tas, kresek, dll) dengan baik
sehingga ngga mengganggu gerakan tubuh saat menggowes, kalo bisa
letakkan di sepeda dan bukan di tubuh. Hal ini sangat berpengaruh
terhadap reaksi pesepeda menghadapi medan. Selain juga bikin pegel kalo
bawa barang di badan..
- Atur posisi tinggi sadel dan tinggi handle post (bagi seli) di
posisi yang ‘benar’ bukan di posisi yang ‘nyaman’. Lagi2 ini
berpengaruh terhadap reaksi pesepeda.
- Gunakan pakaian yang nyaman ketika bersepeda. Jangan pake scarf
atau syal panjang, takutnya nyangkut di jari2 bisa gawat tuh.. Kalau
menggunakan celana panjang, pakailah ‘pants clip’ agar celana ngga
nyangkut dan kotor kena gigi depan/chainring.
- Rawatlah sambungan rangka di seli. Bila mungkin bongkar dan berilah
gemuk/grease yang baik. Ngga perlu pake grease yang tahan panas sampe
sekian ratus derajat, engsel seli ngga akan sepanas itu kok walaupun
dijemur matahari sekalipun. Pakai aja grease yang mengandung silikon,
atau teflon, atau white lithium grease. Bila ngga mau repot bisa juga
semprot menggunakan pelumas cair macam silikon spray. Sebenernya minyak
singer bagus juga sih, tapi mudah hitam.
- Hindari melumasi kabel rem dan shifter dengan oli bekas. Oli bekas
mengandung banyak butiran/kotoran yang kecil yang malah bisa menghambat
gesekan kabel (seret). Paling mudah murah dan bagus sebenernya
gesekkan kabel2 tersebut ke lilin. Dijamin loncer deh, kabel
murah+lilin ga kalah loncernya ama kabel bagus semacam XTR sekalipun.
- Atur ketinggian shifter dan tuas rem, sesuaikan dengan posisi duduk
anda. Tuas rem yang terlalu mendongak atau merunduk memperlambat
reaksi jari anda meraih tuas rem, mengurangi kekuatan jari mengerem dan
juga bikin pegel pergelangan tangan.
- Periksa secara berkala kekencangan semua baut di sepeda, terutama seli yang sering dilipet-buka.
- Setelah mencuci sepeda angin-anginkan dan jemur sepedanya agar air
yang tersisa mudah menguap, lakukan hal ini terutama di sepeda yang
bahannya besi (kromoli, hi-ten, dll) agar menghindari karat. Oiya cek
juga lubang pembuangan air yang lazimnya berada di bawah BB, jangan
sampe lubang itu tersumbat kotoran.
- Dalam beberapa kasus, sepeda yang disimpan lama lebih cepat rusak
daripada sepeda yang sering dipake. (Brom2 dipake yah om..!!)
- Kalo mau simpan sepeda lama, usahakan melayang. Loh, melayang gimana?? Maksudnya roda jangan kena lantai secara langsung, frame jangan kena tembok, karet-karet (ban, grip) bungkus supaya ngga digigitin tikus.
Usahakan agar meletakkan sepeda kita ditempat yang setiap hari kita
lalui, seperti garasi mobil atau sepeda motor yang setiap hari kita
pakai untuk sekolah, kuliah atau bekerja, jadi paling tidak jika kita
tidak sempat untuk bersepeda kita masih bisa melihat keadaannya walau sepintas.
Demikianlah 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Anda Baru saja membaca artikel tentang 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda dan anda bisa menemukan artikel 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda ini dengan url https://akalgue.blogspot.com/2013/01/20-cara-mudah-merawat-sepeda-anda.html ,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda ini bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda sumbernya. Terima kasih.
Post a Comment