Sepeda, Sebuah kendaraan yang 
akhir-akhir ini menjadi eksis karena isu pemanasan global yang semakin 
parah. Penggunaan sepeda semakin merebak dan menjadi tren diberbagai 
tempat. Namun tidak termasuk kota saya :(. Disana masih banyak sekali 
para pengguna sepeda motor, pengendara sepeda hanyalah kaum minoritas. 
Semoga aja nantinya banyak yang sadar untuk menaiki  sepesa ya. Termasuk
 admin(lagi nabung dari blog buat beli sepeda :)
Nah, bagi pengendara ataupun bagi siapapun yang memiliki sepeda, saya rasa tips kali ini penting dan sebaiknya dibaca oleh mereka, karena seperti kendaraan lainnya, sepeda juga membutuhkan perawatan agar tetap kuat sehingga tahan lama. Tanpa memperpanjang muqaddimah, langsung saja berikut tips merawat sepeda.
Nah, bagi pengendara ataupun bagi siapapun yang memiliki sepeda, saya rasa tips kali ini penting dan sebaiknya dibaca oleh mereka, karena seperti kendaraan lainnya, sepeda juga membutuhkan perawatan agar tetap kuat sehingga tahan lama. Tanpa memperpanjang muqaddimah, langsung saja berikut tips merawat sepeda.
- Pertama, jika agan hendak mencuci sepeda
 agan, Janganlah mencuci sepeda dengan air bertekanan tinggi. Sebenernya
  nggapapa sih untuk beberapa bagian, tapi hindari BB dan Hubs, juga 
kabel  rem dan shifter yang ‘telanjang’.hindari BB dan Hubs, juga kabel 
rem  dan shifter yang ‘telanjang’.
 - Jangan melumasi menggunakan WD-40  atau sejenis penetran lainnya. 
Kenapa? Karena penetran tersebut   meluruhkan dan mengencerkan 
gemuk/grease di sepeda, walhasil benda-benda  bergerak tersebut bisa aus
 karena greasenya hilang.
 - Lumasi secara berkala kabel-kabel rem dan shifter serta rantai. Rantai yang kering selain berisik, juga bisa mengikis gear.
 - Periksa tekanan ban. Nah ini sering dilupakan, ban luar  biasanya 
ada keterangan mengenai tekanan minimum dan maksimum. Tekanan  terlalu 
rendah membuat berat digowes dan ban cenderung lebih mudah  kempes 
tertusuk benda ataupun kempes karena ban dalem terlipat.
 - Periksa kelurusan rim/velg. Rim/velg yang peyang sehingga goyang 
bisa  menghambat putaran roda, terutama yang tidak menggunakan discbrake
  karena velg/rim tadi menggerus kampas rem.
 - Cek kekencangan baut  as roda (quick release bagi yang menggunakan) .
 Fatal nih bila roda  lepas tiba2 ketika jalan!! Coba goyang kiri-kanan 
roda, kencangkan bila  longgar. Oiya roda oblak juga bisa akibat baut 
pengencang bearing (cup  & cone/pelor) longgar.
 - Cek apakah kinerja peranti pemindah  gigi (shifter, RD, FD) bagus. 
Bahaya sih ngga, tapi kalo gigi loncat2  sangat mengganggu tuh.. setel 
aja, bisa dibawa ke bengkel2 terdekat atau  setel sendiri juga bisa.
 - Semua part bergerak di sepeda hampir  ada masa pakainya. Jangan ragu
 untuk mengganti part2 tersebut bila sudah  aus atau rusak. Safety first
 ya.
 - Atur jarak main rem. Terlalu  ‘dalam’ bisa2 ngga ngerem kalo ada 
motor motong jalan, terlalu  ‘dangkal’ kampas rem riskan bergesek dengan
 velg atau rotor (discbrake)  dan mudah ngunci bila panic braking. Kalo 
tuas rem anda memiliki fitur  ‘reach adjuster’, atur tuas rem tersebut 
berada pada buku jari kedua  jari pengereman anda. Hal ini 
mengoptimalkan kekuatan jari ketika  mengerem.
 - Karet handle grip sepeda wajib mencengkeram stang  anda dengan kuat,
 jangan sampai ketika gowes karet grip tersebut mudah  lepas. Kalo lagi 
ngerem mendadak karetnya copot bisa2 bibir dower tuh  nyium aspal.
 - Posisikan barang bawaan anda (ransel, tas,  kresek, dll) dengan baik
 sehingga ngga mengganggu gerakan tubuh saat  menggowes, kalo bisa 
letakkan di sepeda dan bukan di tubuh. Hal ini  sangat berpengaruh 
terhadap reaksi pesepeda menghadapi medan. Selain  juga bikin pegel kalo
 bawa barang di badan..
 - Atur posisi tinggi  sadel dan tinggi handle post (bagi seli) di 
posisi yang ‘benar’ bukan  di posisi yang ‘nyaman’. Lagi2 ini 
berpengaruh terhadap reaksi pesepeda.
 - Gunakan pakaian yang nyaman ketika bersepeda. Jangan pake scarf  
atau syal panjang, takutnya nyangkut di jari2 bisa gawat tuh.. Kalau  
menggunakan celana panjang, pakailah ‘pants clip’ agar celana ngga  
nyangkut dan kotor kena gigi depan/chainring.
 - Rawatlah  sambungan rangka di seli. Bila mungkin bongkar dan berilah
 gemuk/grease  yang baik. Ngga perlu pake grease yang tahan panas sampe 
sekian ratus  derajat, engsel seli ngga akan sepanas itu kok walaupun 
dijemur matahari  sekalipun. Pakai aja grease yang mengandung silikon, 
atau teflon, atau  white lithium grease. Bila ngga mau repot bisa juga 
semprot menggunakan  pelumas cair macam silikon spray. Sebenernya minyak
 singer bagus juga  sih, tapi mudah hitam.
 - Hindari melumasi kabel rem dan shifter  dengan oli bekas. Oli bekas 
mengandung banyak butiran/kotoran yang  kecil yang malah bisa menghambat
 gesekan kabel (seret). Paling mudah  murah dan bagus sebenernya 
gesekkan kabel2 tersebut ke lilin. Dijamin  loncer deh, kabel 
murah+lilin ga kalah loncernya ama kabel bagus semacam  XTR sekalipun.
 - Atur ketinggian shifter dan tuas rem, sesuaikan  dengan posisi duduk
 anda. Tuas rem yang terlalu mendongak atau merunduk  memperlambat 
reaksi jari anda meraih tuas rem, mengurangi kekuatan jari  mengerem dan
 juga bikin pegel pergelangan tangan.
 - Periksa secara berkala kekencangan semua baut di sepeda, terutama seli yang sering dilipet-buka.
 - Setelah mencuci sepeda angin-anginkan dan jemur sepedanya agar air  
yang tersisa mudah menguap, lakukan hal ini terutama di sepeda yang  
bahannya besi (kromoli, hi-ten, dll) agar menghindari karat. Oiya cek  
juga lubang pembuangan air yang lazimnya berada di bawah BB, jangan  
sampe lubang itu tersumbat kotoran.
 - Dalam beberapa kasus,  sepeda yang disimpan lama lebih cepat rusak 
daripada sepeda yang sering  dipake. (Brom2 dipake yah om..!!)
 - Kalo mau simpan sepeda lama, usahakan melayang. Loh, melayang gimana?? Maksudnya roda jangan kena lantai secara langsung, frame jangan kena tembok, karet-karet (ban, grip) bungkus supaya ngga digigitin tikus.
 
Usahakan agar meletakkan sepeda kita ditempat yang setiap hari kita 
lalui, seperti garasi mobil atau sepeda motor yang setiap hari kita 
pakai untuk sekolah, kuliah atau bekerja, jadi paling tidak jika kita 
tidak sempat untuk bersepeda kita masih bisa melihat keadaannya walau sepintas.
Demikianlah 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan 
klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com 
Anda Baru saja membaca artikel tentang 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda dan anda bisa menemukan artikel 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda ini dengan url https://akalgue.blogspot.com/2013/01/20-cara-mudah-merawat-sepeda-anda.html ,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda ini bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 20 Cara Mudah Merawat Sepeda Anda sumbernya. Terima kasih.

Post a Comment