Tips Mudah Sukses Wawancara Kerja




Ketika Curriculum Vitae (CV) yang Anda buat telah mengantarkan Anda pada sebuah panggilan wawancara anda merasa itu sudah cukup baik. Namun semuanya belum cukup sampai disitu saja karena pada saat wawancara nanti penampilan anda akan menentukan apakah anda akan memperoleh kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan atau malah sebaliknya. Penampilan anda juga akan memberi kesan ingatan kepada pewawancara apakah anda terlihat cukup percaya diri sehingga membuat mereka yakin bahwa anda lah orang yang tepat yang mereka pilih.

Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan agar wawancara anda menjadi lebih berkesan bagi pewawancara :

 
Berlatih lah dengan mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang paling umum dan biasa diajukan oleh setiap pewawancara. Suruhlah seseorang membantu anda mengajukan pertanyaannya dan anda menjawabnya. Dengan berlatih seperti itu akan membantu anda mempersiapkan diri dan mengurangi tingkat kemungkinan kesalahan yang sebenarnya dapat anda hindari pada saat mengikuti wawancara yang sebenarnya. Dan juga, akan membuat anda terlihat lebih percaya diri pada saat diwawancarai nanti ketika anda ditanyakan pertanyaan yang sudah antisipasi sebelumnya.

Datanglah lebih awal untuk mencegah kemungkinan datang terlambat. Merencanakan segalanya jauh-jauh hari adalah kuncinya. Misalnya, mengumpulkan semua barang-barang yang anda butuhkan pada malam hari sebelum wawancara dilaksanakan. Selain itu, rebahkan pakaian anda dan yakinkan bahwa anda mengetahui alamat yang benar dan arah jalan tempat wawancara akan dilaksanakan. Jika wawancara tersebut terletak di daerah yang belum adan kenali, kunjungi lokasinya terlebih dahulu satu hari sebelum wawancara dilaksanakan. 
 
Tunjukkan rasa percaya diri anda mulai pada saat anda masuk ke ruang wawancara. Anda dapat menunjukkan sikap rasa percaya diri dengan menyalami dengan erat pewawancara dan membangun hubungan tatapan mata. Berpakaianlah layaknya seorang professional dan sopan sehingga penampilan anda akan mempengaruhi kesan pertama bagi pewawancara terhadap diri anda. Pakailah busana kantor yang layak, bersih dan memikat penampilan. Dan jangan lupa, hindari menggunakan aroma parfum yang menyengat hidung, make up yang tebal dan perhiasan yang berlebihan.
 
Persiapkan diri anda dengan membawa semua benda-benda yang menurut anda akan dibutuhkan. Misalnya membawa fotocopy CV, daftar referensi, pulpen, kertas, kartu nama dan jika mungkin ijazah dan sertifikat anda.


Tunjukkan pengetahuan anda tentang perusahaan dan posisi yang sedang anda lamar. Telitilah inti operasional perusahaan tersebut secara detail sebelum wawancara dilakukan dan bersiaplah untuk membahasnya. Anda juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang kesempatan kerja dan persyaratannya.
 
Ajukanlah pertanyaan tentang perusahaan dan posisi pekerjaan yang ditawarkan. Pertanyaannya harus cerdas dan menunjukkan minat anda. Persiapkan pertanyaan yang menanyakan tentang rencana perusahaan kedepan dan saat ini sehingga menunjukkan anda berpengetahuan. Yakinkan untuk mengajukan pertanyaan tindak lanjut berdasarkan informasi yang anda dapatkan pada saat wawancara.

Tunjukkan seberapa besar kemampuan dan pengalaman anda cocok dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Anda juga harus menunjukkan dengan jelas kemampuan tersebut sesuai dengan persyaratan jabatan. Ceritakan perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya dengan baik (jika anda telah memiliki pengalaman) meskipun anda punya pengalaman buruk di tempat itu. Anda harus selalu dapat menemukan sesuatu yang bernilai positif untuk mengungkapkan situasi yang kurang ideal menurut anda. Para pewawancara tidak akan memiliki kesan baik terhadap anda jika membicarakan hal negatif tentang pimpinan atau perusahaan anda sebelumnya. Berterima kasihlah kepada pewawancara atas kesempatan yang diberikannya sebelum meninggalkan tempat wawancara. 
 
Kirimkan surat atau email ucapan terima kasih lebih lanjut untuk memastikan bahwa anda telah meninggalkan kesan baik dalam ingatan mereka.


Demikianlah Tips Mudah Sukses Wawancara Kerja Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)