3 Cara Mudah Membuat Invisible Ink ( Tinta Tak Terlihat )



Kedengerannya mirip kayak mainan anak-anak yah? Cukup asik juga nih kalau bisa bikin tulisan atau pesan rahasia dengan tinta tak terlihat ini. Kesannya kayak agen rahasia yang bergelut dalam dunia espionase. Wah, keren. Tulisan dengan invisible ink ini akan segera menghilang begitu mengering, dan kertas yang kita tulis akan terlihat seperti kertas kosong biasa. Hanya orang yang tau gimana cara menimbulkan tulisan inilah yang bisa membacanya.

Apa gunanya? Banyak, mulai dari anti-pemalsuan, penanda hak kepemilikan, cap atau stempel rahasia, sampai ke hal yang remeh seperti mainan anak-anak. Ginama caranya membuat tulisan tak terlihat ini?

Secara sederhana, ada 3 cara membuatnya, ikuti langkah berikut ini, ya.

1. Air Jeruk Lemon
Cara membuat tinta tak terlihat atau invisible ink dengan air jeruk Yang kita gunakan di sini adalah air jeruk lemon biasa, bisa dibeli dari tukang sayur atau bisa diperoleh dari jus kemasan.
  • Tuliskan pesan rahasia dengan tinta air jeruk lemon ini. Pesan bisa ditulis dengan korek kuping alias cotton butt, tusuk gigi, atau lidi, atau sejenisnya.
  • Biarkan air jeruk yang kita tuliskan ini mengering.
  • Tulisan bisa kita lihat jika dipanaskan dengan panas bola lampu (yang sedang menyala tentunya), pengering rambut, atau sumber panas lainnya. Asal jangan terlalu panas, sih, entar kertasnya kebakar, dong. Hihihi.... Hati-hati ya.
  • Tulisan akan terlihat bila sudah cukup hangat.

2. Soda Kue
Cara membuat tinta tak terlihat dengan soda kue Metodenya sama seperti di atas, yaitu tulisan hanya terlihat bila dihangatkan, tapi yang ini pakai baking soda. Ini langkah-langkahnya:

  • Campurkan baking soda dan air dengan perbandingan yang sama.
  • Gunakan campuran ini sebagai tinta, dan alat tulisnya bisa menggunakan kuas, lidi, korek kuping atau tusuk gigi. Tulislah pada selembar kertas putih
  • Biarkan tulisan ini mengering.
  • Setelah kering, maka tulisan rahasia hanya akan terlihat bila dihangatkan. Cara menghangatkannya sama dengan air jeruk lemon di atas. Sekali lagi, hati-hati jangan sampai terbakar kertasnya!
  • Jika sudah cukup hangat, tulisan akan terlihat dalam warna coklat.

3. Tepung Maizena dan Obat Merah

Membuat tinta tak terlihat dengan tepung maizena dan obat merah (iodine)Metodenya berbeda dengan air jeruk lemon dan baking soda di atas, karena metode ini tidak perlu penghangatan jika ingin melihat tulisan atau pesan rahasianya.

  • Campurkan tepung maizena dan air dengan perbandingan 2:1, atau untuk gampanganya campurkan 2 sendok makan tepung maizena dengan 1 sendok makan air. Campuran ini bisa dihangatkan dengan lilin atau api kompor, tapi bila tidak dihangatkan pun bisa, yang penting campuran ini harus benar-benar larut.
  • Tuliskan pesan rahasia dengan menggunakan tinta dari campuran air dan tepung maizena ini dengan kuas, lidi, tusuk gigi atau korek kuping. Biarkan mengering.
  • Cara membaca tulisan ini adalah dengan menyapukan campuran air dan obat merah ke atas kertas. Caranya adalah campurkan 1 sendok teh obat merah dan 10 sendok teh air, lalu sapukan tipis-tipis ke atas kertas, dan tulisan rahasia pun akan terlihat dalam warna ungu.

Nah, selamat mencoba ya.

[ruangmayaku]


Demikianlah 3 Cara Mudah Membuat Invisible Ink ( Tinta Tak Terlihat ) Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

+ komentar + 4 komentar

August 13, 2014 at 12:59 AM

thx infonya

August 13, 2014 at 1:04 AM

llmyan gan... :D di tunggu info selanjutnya

August 13, 2014 at 1:20 AM

terimakasih sudah berbagi ilmunya gan

December 17, 2015 at 2:33 PM

kalo tulisan yg hanya bisa di lihat dengan warna/sinarr ultra violet?? apakaah harus pake bahan kimia??

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Akalgue - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)